Kumpulan catatan harian

Rabu, 08 November 2023

Wapada Penipuan Berkedok Undangan Via WA


Modus penipuan secara elektronik akhir-akhir ini sedang marak. Salah satunya dengan mengirimkan undangan palsu via WA, yang jika diklik oleh penerima maka akan menginstall aplikasi yang digunakan untuk membobol data pada handphone korbannya.

Oleh sebab itu kita harus waspada apabila menerima pesan WA dari kontak yang tidak dikenal. Berikut beberapa cara untuk menghindari terkena penipuan berkedok undangan palsu.

  1. Verifikasi Pengirim
  2. Jangan Klik Undangan
  3. Blok Pengirim
Verifikasi Pengirim
Kalian pastikan mengenal profil pengirim, biasanya penipu menggunakan nomor asing yang kemungkinan tidak ada di kontak kita. Lihat foto profile dan bisa di chat dulu untuk konfirmasi. 

Jangan Klik Undangan
Tentunya kalian pasti penasaran terhadap file yang dikirimkan tersebut. Apalagi dengan judul undangan, tentunya kalian berpotensi mengklik tanpa berfikir terlebih dahulu. Namun tetap jangan tergoda untuk mengklik file tersebut sampai kalian yakin file itu dikirim olen orang yang kalian kenal.

Blok Pengirim
Jika kalian sudah yakin itu bukan dari kontak yang kalian kenal, atau kalian sudah curiga itu penipuan, jangan ragu untuk memblok kontak tersebut untuk menghindari kontak tersebut mengirimkan file penipuan yang lain dengan judul yang lain.

Selalu waspada dari penipuan, karena mereka punya seribu cara dan selalu berubah-ubah metodenya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar